Minggu, 11 September 2011

Pemilahan Sampah


Pemilahan Sampah

Tempat sampah?
Hmmm… sepertinya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata-kata itu. Nah… di setiap sekolah dan di mana pun kita berada pastinya akan kita temukan tempat sampah. Bagaimana dengan tempat sampah yang ada di SMP Waringin?

Ada yang unik nih untuk tempat sampah di sini. Biasanya di tempat-tempat umum, tempat sampahnya dibagi 2, sampah organic dan sampah anorganik. Di SMP Waringin, tempat sampah dibagi menjadi 3, yaitu tempat untuk sampah basah, sampah kertas, dan sampah plastik. Setiap tempat sampah pun diberi warna masing-masing. Untuk sampah basah tempatnya diberi warna hijau, untuk sampah kertas warna merah, dan untuk sampah plastik warna kuning. Mengapa, ya?

Sekolah menetapkan tempat sampah ini agar para siswa dapat menyadari akan pentingnya pemilahan sampah. Selain itu, kita juga bisa belajar manfaat-manfaat dari pemilahan sampah.Tahu gak sih kenapa kita harus memilah sampah?

Jawabannya :

Sampah plastik: Sampah plastic itu gak bisa ancur dalam waktu yang singkat, jadi harus didaur ulang dan diusahakan agar kita tidak terlalu banyak membuang sampah plastik.

Sampah kertas: sebenarnya sampah kertas bisa ancur. Tapi juga bisa didaur ulang. Untuk sampah kertas tidak ada masalah asalkan kita membuang pada tempatnya.

Sampah basah: untuk sampah basah kita bias mendaur ulang lagi sampah tersebut menjadi pupuk kompos yang berguna bagi tanaman.

Buat teman-teman sekalian mulai dari sekarang biasakan untuk membuang sampah pada tempat yang sesuai dengan jenisnya agar sampah-sampah tersebut mudah dalam proses pendaurulangannya.

Tidak ada komentar: